Sabtu, 11 Juli 2015

Hadi Sutjipto kunci sukses Formi Sidoarjo

Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat atau Formi merupakan organisasi olahraga yang masih sangat muda. Beda dengan KONI. Atau PSSI yang dibentuk sejak zaman Belanda. Karena itu posisi ketua dan pengurus inti sangat menentukan jalannya organisasi.

Formi Sidoarjo beruntung karena sejak awal ditangani Hadi Sutjipto. Beliau wakil bupati Sidoarjo. Di tengah kesibukannya yang seabrek, Sutjipto sangat intens mengurusi berbagai komunitas olahraga yang tergabung dalam Formi. Beliau rela tidak libur akhir pekan untuk menyemangati komunitas-komunitas itu.

Sulit membayangkan Formi Sidoarjo bisa berkembang pesat dalam waktu singkat tanpa sentuhan tangan dingin Sutjipto. Ya jelas aja, beliau kan wabup. Punya otoritas untuk menggerakkan sumber daya di kabupaten? Bisa memerintahkan kepala-kepala dinas, para camat, hingga kepala desa? Bisa mengusahakan anggaran?

Betul. Tapi, jangan lupa, sebagian besar formi di Jatim ternyata tidak jalan. Padahal formi-formi itu juga dipimpin wakil bupati atau wakil wali kota. Ini membuktikan bahwa Pak Sucipto memiliki leadership yang mampu menggerakkan formi di Sidoarjo. Tanpa leadership mustahillah sebuah organisasi bisa berjalan dengan baik. Apalagi formi ini bukan organisasi yang bisa membuat orang cepat populer seperti PSSI yang jadi rebutan banyak tokoh itu.

Hanya saja, perlu diingatkan bahwa Pak Sutjipto tentu tidak mungkin terus-terusan mengurusi formi. Jika beliau tak lagi menjabat wakil bupati, otomatis formi harus diurus oleh orang lain yang mungkin bukan pejabat setingkat wakil bupati. Bisa jadi orang biasa, pensiunan pejabat, yang tak punya akses ke pemkab sehebat Hadi Sutjipto.

Dan itu akan menjadi batu ujian yang sesungguhnya untuk Formi Sidoarjo. Apakah bisa tetap jaya jika tidak dipimpin oleh pejabat tinggi? Apakah kegiatan rutin car free day yang dipuji formi pusat bisa berlanjut? Mampukah formi bisa eksis tanpa difasilitasi pejabat?

Mudah-mudahan Formi Sidoarjo siap menghadapi situasi seperti itu?


Sent from my BlackBerry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar